Kesehatan: Diet yang salah dapat mendatangkan penyakit



Keliru Diet
Bisa mendatangkan penyakit

Pastinya memiliki tubuh yang bak peragawati adalah idaman sebagian besar kaum Hawa. Tetapi sekarang ini banyak sekali yang menjalankan diet dengan sangat keliru hanya untuk mencapai tubuh langsing ideal tanpa memikirkan akibatnya yang bisa mendatangkan penyakit.

Sangat penting untuk kita saat ingin menjalankan diet  terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter jika tidak  hal itu dapat menyebabkan daya tahan tubuh kita melemah sehingga sangat gampang terjangkit penyakit. Banyak orang yang melakukan diet saat memiliki aktivitas yang sangat tinggi padahal itu sangatlah berbahaya karena bisa menurunkan daya tahan tubuh kita dan sangat mungkin paru-parulah yang menjadi sasaran pertamanya. Diet tanpa aturan yang benar bisa berakibat fatal bagi kita.

Hal berbahaya juga bisa terjadi bagi penderita diabetes yang melakukan diet tanpa aturan medis. Apabila asal makan sedikit, maka penderita diabetes bisa terkena hipoglikemi atau kadar gula darah terlalu rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan penderita pingsan hingga mengalami koma.

Hipoglikemi bisa terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan makanan, aktvitas, dan obat yang di gunakan. Gejala hipoglikemi pada umumnya mengalami keringat dingin, gemetar, pusing, lemah, mata berkunang-kunang, dan rasa perih di ulu hati, seperti orang kelaparan.  Apabila ada gejala seperti itu, segera minum segelas minum sirop atau makan 1-2 sendok makan gula pasir.

Pelaksanaan diet terutama para penderita diabetes perlu memperhatikan jenis kelamin, usia, kadar gula darah, tinggi, berat badan, dan aktivitas apa yang kita lakukan. dengan mengetahui data-data tubuh kita sendiri, maka jumlah kalori dari asupan makanan yang diperlukan bisa kita hitung secara tepat. Sebab, tujuan diet adalah menyesuaikan makanan dan kesanggupan tubuh kita untuk menggunakan makanan tersebut.

Melalui aturan yang tepat maka diet bisa bermanfaat, khususnya bagi penderita diabetes. Diantaranya menurunkan kadar gula darah  menjadi normal, menurunkan gula dalam urine menjadi negatif. Selain itu, diet sesuai aturan bisa di gunakan untuk mencapai berat badan normal bagi semua orang, dengan masih bisa melakukan pekerjaan sehari-hari seperti biasa.  Pada prinsipnya, pola diet bagi penderita diabetes maupun orang sehat adalah sama. Bedanya, penderita diabetes di batasi dalam asupan gula pasir. Sedangkan bagi orang sehat masih bisa menggunakan gula pasir secukupnya.

Sebenarnya penderita diabetes bisa minum manis setiap makan dengan menggunakan gula khusus diabetes. Dan setelah makan, bisa menggunakan obat metformin ( untuk diabetes ringan ) antara 1-3 kali . hal yang sangat penting harus di lakukan untuk melaksanakan diet adalah berolahraga. Apabila sudah berumur 40 tahun keatas, maka olahraga yang di pilih adalah olahraga santai, seperti jalan kaki dengan durasi 30-40 menit setiap hari. Selain itu, pelaksanaan diet terutama bagi penderita diabetes adalah mengkonsumsi makanan secara teratur sesuai 3J, yaitu jumlah, jadwal pembagian makanan, dan jenis makanan yang telah di tentukan oleh dokter atau ahli gizi.



Terima Kasih Telah Berkunjung^_^




0 comments:

Post a Comment