Makalah Singkat : Mempresentasikan Laporan Hasil Penelitian (Pengertian penelitian,tujuan,bagian-bagian dll)



MATERI BAHASA INDONESIA



Kelas XI IPA 1 - Menyampaikan Laporan Hasil Penelitian dalam Diskusi atau Seminar

Sub Bab : Mempresentasikan Hasil Penelitian secara Runtut dengan Menggunakan Bahasa yang Baik dan Benar.


A.    PENGERTIAN LAPORAN PENELITIAN

Laporan penelitian merupakan suatu media atau dokumen komunikasi antara peneliti dengan masyarakat umum terutama pembaca yang ditargetkan atau yang berkepentingan dengan penelitian yang telah dilakukan tersebut (wardani,1997).


B.     TUJUAN PENELITIAN

Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat tentang sesuatu yang Anda teliti. Hasil penelitian dapat Anda sampaikan dalam bentuk lisan ataupun tulisan. Hasil penelitian yang disampaikan secara lisan biasanya disajikan sebagai penjelas atas proses penelitian dengan kalimat sederhana. Kalimat tersebut harus mudah dipahami termasuk kalimat-kalimat yang ada dalam hasil penelitian tertulis.



C.    BAGIAN-BAGIAN LAPORAN

Namun secara lebih lengkap, laporan penelitian terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu:


1.            Bagian pembuka

Terdapat komponen-kompenen penting seperti,

a.       Judul
b.       Halaman judul
c.       Halaman pengesahan
d.      Halaman penerimaan
e.       Kata pengantar
f.       Abstrak
g.      Daftar isi
h.      Daftar tabel
i.       Daftar grafik, bagan, atau skema.
j.       Daftar singkatan dan lambing


Judul merupakan pintu atau muka dari sebuah karya ilmiah. Dalam judul karya ilmiah harus menampilkan fakta yang ingin diungkapkan,jelas, positif, singkat, khas, serta mampu menampilkan kata kunci dari sebuah tulisan.
Halaman judul diletakkan sesudah halamaan depan atau cover.pada halaman ini umumnya terdapat judul,penuliis, dan penerbit. Selanjutnya halaman judul diikuti oleh pengesahan.
Kata pengantar dituliskan untuk memberikan gambaran secara umum kepada pembaca tentanng latar belakang konteks penelitian. Pada bagian ini penulis juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis baik dalam pelaksanaan penelitian maupun dalam penulisan laporannya.
Abstrak digunakan untuk menyampaikan gambaran singkat mengenai latar belakang, metode, serta temuan hasil penelitian.

2.            Bagian inti

Komponen-komponen yang terdapat pada bagian inti, yaitu:
      a.      Pendahuluan
            Secara umum bagian pendahuluan harus secara lengkap mengumakakan tentang latar belakang, ruang lingkup/pembatasan dan rumusan masalah, tujuan dan pertanyaan penelitian, serta anggapan dasar atau hipotesis.

b.   Kajian Pustaka dan Kerangka Teori
            Kajian pustaka merupakan bagian penting ysng mengungkapkan teori-teori serta hasil-hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan pada topik yang sama atau serupa.
            Dalam sebuah laporan penelitian, seperti tesis atau disertasi biasanya disusun suatu kerangka teori berdasarkan hasil analisis atau tujuan pustaka yang telah dilakukan. Kerangka teori merupakan dasar pemikiran yang menerangkan dari sudut mana permasalahan ditinjau yang nantinya dijabarkan menjadi berbagai variable penelitian.

c.       Metodologi Penelitian
            Perbedaan utama antara karya ilmiah dengan bukan karya ilmiah adalah pada motodologi. Pada bagian ini biasanya dijelaskan secara terperinci mengenai pendekatan atau desain penelitian, populasi dan sampel penelitian, metode pengumpulan  dan analisis data, serta kelemahan-kelemahan penelitian.
Metodolgi Tersebut Ada Lima Macam :

  1. Pengamatan
  2. Eksperimen
  3.  Wawancara
  4. Angket
  5. Study Pusaka

d.      Hasil dan Pembahasan
            Hasil dan pembahasan merupakan inti dari sebuah laporan penelitian. Pada bagian ini penulis harus menyajikan secara cermat dan jelas mengenai analisis data serta pembahasannya berdasarkan kajian pustaka dan kerangka teori yang telah dijelaskan sebelumnya.

e.       Simpulan dan Saran
            Bagian ini merupakan bagian akhir dalam dari laporan penelitian. Effendi (1991) mengemukakan bahwa simpulan adalah gambaran umum seluruh analisis dan relevansinya dengan hipotesis dari penelitian yang di lakukan.
             Setelah simpulan, pada bagian ini juga dipaparkan pula saran-saran yang berkaitan dengan jenis penelitian lanjutan yang dapat dilakukan serta saran-saran lain yang terkait dengan hasil penelitian atau bagaimana mengatasi hambatan-hambatan yang telah dialami ooleh penulisdalam penelitian yang telah dilakukan. 

3.            Bagian penutup.


            Bagian penutup pada umumnya, terdiri dari:
a.       Daftar pustaka
            Daftar pustaka merupakan komponen wajib yang harus dicantumkan oleh penulis, sedangkan lampiran dan daftar indeks hanya di tulis jika diperlukan.
Pada umumnya, hal-hal yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka adalah:

1.      Nama penulis
2.      Tahun terbit
3.      Judul pustaka
4.      Tempat terbit
      5.      Nama penerbit



b.        Lampiran
            Lampiran dapat berupa tabel, gambar, peta, bagan, instrument penelitian, seperti kuesioner atau daftar checklist untuk observasi dan bentuk lain yang telah dipaparkan dalam bagian inti laporan.

c.       Daftar indeks atau glosarium.
            Indeks adalah daftar kata atau istilah yang terdapat dalam pada laporan. Effendi (1991) mengemukakan bahwa penulisan daftar kata atau indeks harus berkelompok berdasarkan abjad awal kata atau istilah yang akan dituliskan. Penulisan indeks pada umumnya di tujukan agar pembaca cepat mencari istilah atau kata-kata khusus yang terdapat dalam laporan tersebut. Penulisan indeks disusun berdasarkan nama atau subjek secara alpabetikal.


D.    TAHAP-TAHAP

            Menjelaskan Proses penelitian dengan Kalimat yang Mudah dimengerti sebelum kamu menjelaskan hasil penelitian, kamu perlu menjelaskan proses penelitianya. agar mudah dipahami, gunakan bahasa yang sederhana dan runtun. penjelasan ini mencakup tahap persiapan dan pelaksanaan penelitian

1. Tahap persiapan

Menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukanj sebagai persiapan penelitian,misalnya:


a)      penyiapan rekomendasi penelitian dari sekolahan
b)      pengurusan perizinan
c)      menyusunan kuesioner
d)     menyusun daftar data yang akan dicari
e)      penyusunan daftar pernyataan waktu wawancara
f)       pengurusan kesepakatan waktu dan temp[at penelitian
g)      penetapan kesepakatan kepada siapa kuesioner akan diberikan
h)      penetapan kesepakatan kepada siapa wawancara akandilakukan
i)        penetapan kesepakatan pihak mana yang akan memberikan data tertulis


2. Tahap pelaksanaan 

Menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukan pada tahap pelaksanaan penelitian, misalnya :


  1. pelaksanaan penyebaran kuesioner
    • kesulitan
    • kesan diri sendiri
    • kesan responden
  1. pelaksanaan wawancara
    • kesulitan
    • kesan diri sendiri
    • kesan responden 
  1. pelaksanaan pengumpulan data
    • kesulitan
    • kesan diri sendiri
    • kesan responden

E.     SYARAT-SYARAT

            Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan saat akan membuat ringkasan penelitian diantaranya dengan memperhatikan langkah-langkahnya seperti:

1.      Membaca naskah yang asli sampai tuntas
Pada dasarnya sebelum kita membuat karya tulis dengan teknik studi kepustakaan, yang perlu ditanamkan pada diri kita adalah menyukai membaca. Membaca adalah salah satu jembatan utama dalam proses meringkas. Membaca naskah aslinya juga harus sampai tuntas agar kita mendapatkan gambaran umum, maksud pengarang dan sudut pandangnya.

2.      Menentukan Gagasan Utama (Ide pokok)
Setelah memahami maksud dari penulis, kemudian kita harus mampu menemukan pokok-pokok tulisan melalui penetapan gagasan utama. Gagasan utama adalah pikiran utama yang terdapat dalam tulisan. Gagasan utama sama saja dengan ide pokok.

3.      Membuat reproduksi
Mulai Menulis Ringkasan hasil penelitian melalui gambaran umum tentang keseluruhan isi naskah hasil penelitian sesuai dengan naskah aslinya. Pembuat ringkasan hanya boleh menulis yang sesuai dengan alur naskah asli. Jika gagasan-gagasan kita masih terasa rancu, perlu adanya revisi dengan membaca ulang literatur naskah asli dengan memperhatikan kaidah, kesimpulan, ataupun kebahasaan. Akan tetapi bahasa yang digunakan sebaiknya bahasa yang komunikatif dan mudah dimengerti oleh pembaca. 


F.     MEMPRESENTASIKAN LAPORAN

1.      Cara Mempresentasikan Laporan Hasil Penelitian
Cara mempresentasikan Laporan hasil penelitian dengan baik dan benar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu : 
a.      Bahasa
Dalam Menyampaikan hasil penelitian kita harus dapat memilih kata-kata yang baik dan benar. Karena dalam mempresentasikan hasil penelitian dibutuhkan bahasa yang formal.

b.      Gaya Bicara
Mempresentasikan penelitian dibutuhkan cara berbicara yang baik, serta dapat menarik perhatian para audience.

c.       Bahasa Tubuh
Selain gaya bicara, kita juga memerlukan bahasa tubuh yang baik. Karena dengan begitu hasil penelitian yang kita sampaikan bisa lebih jelas dan dapat membantu audience untuk lebih memahaminya.

d.      Tingkat Pemahaman Audience
Dalam menyampaikan hasil penelitian, kita juga harus memperhatikan tingkatan para audience. Kita harus bisa menyesuaikan cara pemahan dan penyampaian dengan para audience. Apakah pendengar orang dewasa, Remaja atau Manula.

      2.    Komponen Penting Dalam Presentasi





1.      Presenter
Presenter adalah orang yang menyampaikan presentasi atau kita sebut komunikator. Karena kalau pembicara kesannya satu arah saja. Sementara presentasi tidak demikian, jika ingin berhasil mencapai tujuan.

2.      Audiens
Audiens adalah kelompok pendengar. Mereka adalah orang-orang yang berkepentingan untuk mendengarkan isi dari presentasi.

3.      Pesan
Presentasi dilaksanakan karena ada pesan yang ingin disampaikan kepada audiens. Pesan ini bisa berbeda-beda tergantung topik presentasinya. Misalnya, Anda presentasi tentang suatu produk, maka pesannya bisa manfaat, fitur, dll.

4.      Media
Media maksudnya cara penyampaian pesan. Dalam presentasi, pesan tidak hanya disampaikan secara verbal atau diucapkan, tapi juga bisa non-verbal (penekanan suara, body language, gestur, dan eye contact), dan memanfaatkan visual (PowerPoint).



CONTOH LAPORAN PENELITIAN SEDERHANA


LAPORAN PENELITIAN
IKATAN HIDROGEN ANTAR MOLEKUL AIR

I.     Pendahuluan
 Di alam ini banyak sekali ikatan yang terbentuk. Sebuah ikatan tidak akan mudah putus tanpa dilakukan sesuatu yang dapat memutuskanya. Seperti ikatan hidrogen yang begitu kuat tidak akan mudah untuk dipatahkan.  Kita mengetahui ikatan hidrogen adalah ikatan yang terjadi antara molekul-molekul yang sangat polar dan mengandung atom hidrogen. Molekul-molekul yang sangat polar, misalnya F2, O2 dan N2, sedangkan yang termasuk ikatan hidrogen, misalnya HF, H2O dan NH3.
 Berkaitan dengan hal itu, perlu dilakukan pengujian apakah ikatan hidrogen memang kuat yang tidak mudah untuk dipatahkan atau sebaliknya. Dalam laporan ini, objek penelitiannya adalah adanya ikatan hidrogen antar molekul air dalam susu yang diberi pewarna dengan warna yang berbeda-beda.

  II. Tujuan Penelitian
     Untuk menguji adanya ikatan hidrogen antar molekul air dengan cara mematahkan ikatan tersebut dalam waktu sesaat menggunakan sabun.

III. Metodologi Penelitian
      Penelitian ini menggunakan metode study pustaka.
Adapun langkah-langkahh kerjanya sebagai berikut :
1. Menentukan objek penelitian
2. Mencari sumber informasi tentang objek penelitian
4. Merumuskan apa yang didapat dalam penelitian
5. Memberikan kesimpulan

IV. Hasil Penelitian
Berdasarkan penelitian yang dilakukan ada beberapa hal yang dapat kita amati, sebagai berikut.
1.      Pewarna yang diteteskan pada air susu tidak dapat langsung menyebar / larut dalam susu karena tingkat kekentalannya berbeda. Susu lebih kental daripada pewarna yang diteteskan.
2.      Pada percobaan yang diamati adalah saat cotton buds bersih dicelupkan ketengah-tengah pewarna, pewarna bisa langsung mendekati cotton buds, hal itu terjadi karena cotton buds bersih dapat menyerap air susu, sehingga pewarna pun ikut mendekatinya (adanya penyerapan berupa kapas pada cotton buds).
3.      Pada percobaan kedua pewarna tidak bisa langsung mendekati cotton buds yang diolesi sabun, karena sabun yang dioleskan mengandung surfaktan yang dapat menurunkan tegangan pada permukaan air susu sehingga dapat mematahkan ikatan hidrogen sesaat. Setelah kekuatan sabun hilang, pewarnapun bisa mendekati cotton buds.

V. Kesimpulan
    Ikatan hidrogen antarmolekul air dapat dipatahkan dengan sabun meski hanya dalam waktu sesaat.

 Nah itu dia pembahasan materi Bahasa Indonesia tentang laporan penelitian. sebenarnya ini adalah tugas aku. Guru meminta kami presentasi didepan kelas dan aku-nya dapat materi ini. jadi sayang kalo ngga dibagi bisa belumut dilaptop *hehehe.. semoga bermanfaat unruk semuanya.



1 comments:

  1. AGENS128 ADALAH AGEN BETTING ONLINE TERPERCAYA SAAT INI
    Permainan Populer Kami (Sabung Ayam, Sportsbook, Casino Live, Poker, Domino, Ceme, Bola Tangkas, Togel, Tembak ikan, Slot Game Dan Masih banyak Lainnya :)

    Info Lebih Lanjut Hubungi Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / BBM : AGENS128
    WhatsApp : 085222555128

    ReplyDelete