Penyakit Otak, Stroke - Faktor resiko, Pencegahan dan Tanda munculnya serangan Stroke



Siapa sih yang tidak tahu apa itu stroke. Paling tidak kita mengetahui bahwa stroke adalah penyebab kematian dan penyebab kecatatan paling tinggi di Indonesia. Jumlah penderita Stroke cenderung terus meningkat setiap tahun, bukan hanya menyerang orang-orang yang telah berusia tua, tetapi dialami juga oleh mereka yang berusia muda dan produktif. Jadi kamu yang masih muda jangan senang dulu karena mengira akan jauh dari serangan stroke, bisa jadi juga kok! stroke itu masalah yang besar dalam kehidupan modern ini.

Stroke adalah serangan otak yang timbulnya mendadak akibat tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak. Walau begitu ada tiga hal yang perlu diingat yaitu, stroke itu dapat dicegah, stroke termasuk kasus darurat dan yang terakhir adalah stroke dapat diobati. So ngga usah terlalu takut ya..
Faktor resiko terkena stroke itu adalah jenis kelamin dan umur. Faktor resiko lainnya adalah orang-orang yang menderita penyakit tertentu ataupun yang lainnya seperti,
1.      Hipertensi
2.      Penyakit jantung
3.      Kencing manis
4.      Hiperkolestrolemia
5.      Penyempitan arteri karotis
6.      Rendahnya aktivitas/olahraga
7.      Merokok
8.      Peminum alkohol
9.      Stress
10.  Orang yang sebelumnya pernah menderita stroke.
Orang yang terkena stroke pada usia muda akan lebih cepat proses pemulihannya dibandingkan mereka yang terkena stroke pada usia tua. itu disebabkan karena memang regenerasi pada orang muda lebih cepat, sehingga dengan penanganan yang baik kemungkiana pulih bisa lebih besar.


Pencegahan Stroke
      Sejumlah cara untuk mencegah stroke diantaranya dengan rajin olahraga agar tubuh kita itu tetap bugar dan sehat, menurunkan faktor” resiko diatas dan yang paling penting hindari konsumsi lemak dan bagi yang merokok sebaiknya berhenti deh. Ada bukti loh orang-orang yang rajin olahraga itu relatif lebih kecil kemungkinannya terserang stroke.
      Dengan olahraga kita berupaya untuk memperkuat daya tahan jantung dan paru-paru, kekuatan otot, kelenturan, ketahanan otot serta tentu saja dapat mendapatkan berat yang ideal. Berolahraga itu kita dapat memulainya dengan jalan, jogging, bersepeda, berenang dan masih banyak lagi lainnya. Hal itu bisa dilakukan minimal 3-5 kali dalam seminggu juga lamanya kurang lebih 40 menit-an lah. Selain olahraga kita juga harus berupaya agar pemasukan kalori terkendali sehingga berat badan kita termasuk berat yang ideal dan tidak terjadi kelebihan beratnya.

5 Tanda Munculnya Serangan Stroke
      Stroke adalah serangan otak yang secara sederhana mempunyai lima tanda-tanda utama yang harus dimengerti dan dipahami, agar semua orang mempunyai kewaspadaan yang tinggi terhadap bahaya serangan stroke. Tanda-tanda itu adalah:
  • Rasa bebal atau mati mendadak atau kehilangan rasa dan lemas pada muka, tangan atau kaki, terutama pada satu bagian tubuh saja.
  • Rasa bingung mendadak, sulit bicara atau sulit mengerti.
  • Satu mata atau kedua mata mendadak kabur.
  • Mendadak sukar berjalan, terhuyung dan kehilangan keseimbangan.
  • Mendadak merasa pusing dan sakit kepala tanda diektahui sebabnya.
Selain lima diatas ada juga kemungkinan muncul tanda-tanda ikutan lain yang bisa timbul dan harus diwaspadai, yaitu :
  • Rasa mual, panas dan sangat sering muntah-muntah.
  • Pingsan mendadak atau merasa hilang kesadaran secara mendadak.


  
Sumber : majalah GEMARI edisi 17/Tahun III * Juni 2002





Semoga artikel diatas bermanfaat bagi semua. Terima kasih telah berkunjung. 

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete