Mau Cantik!! Ini dia tips merawat kulit dimalam hari simple dan mudah








RAWAT KULIT DI MALAM HARI
Malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk merawat kulit. Bukan hanya karena sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat pada saat tidur, tapi kulit juga butuh bantuan agar tetap terlihat sehat. Nah ini dia 4 “bantuan” yang bisa dilakukan pada kulit di malam hari.


1.      Gunakan Pelembab Di Malam Hari

    Pada malam hari kulit mengeluarkan hormon pertumbuhan yang berguna memperbaiki sel-sel yang rusak. Proses pelepasan sel kulit mati sangat aktif, bahkan memperbaharui sel menjadi dua kali lebih aktif, dan aliran darah yang mengalir ke kulit pun menjadi lebih meningkat.

Pada malam hari juga terjadi pembelahan sel-sel lapisan kulit dan ketika itulah kandungan air pada kulit paling banyak menghilang, hingga 25% dibandingkan pada siang hari. Maka sangat penting untuk selalu memakai pelembab pada malam hari, sebab permeabilitas kulit berada pada titik tertinggi dan memungkinkan bahan aksi pelembab untuk menyerap lebih dalam. Penyerapan mineral di kulit juga meningkat 25%, sehingga waktu yang paling tepat untuk memberikan nutrisi kulit adalah malam hari.

2.          Matikan Lampu Saat Tidur

Tidur pada malam hari dalam kamar yang sangat gelap sangat bermanfaat untuk kulit, karena tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon melatonin adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang juga bertanggung jawab untuk proses suatu perbaikan pada sel-sel yang rusak. 

Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti dan merangsang otak untuk bekerja, sehingga Anda akan terbangun dalam keadaan lelah. Matikan semua lampu kamar pada saat tidur, bahkan lampu dari televisi atau gedget juga bisa mengganggu kerja hormon melatonin ini.

3.          Tahapan Perawatan Kulit

Meski secara alami kulit dapat beregenerasi sendiri, namun dengan perawatan yang tepat menjelang tidur, regenerasi kulit akan lebih cepat. Sebelum tidur, jangan pernah lupa membersihkan make-up dan kotoran. Boleh menggunakan perawatan kulit yang bersifat eksfoliasi untuk mengikis sel-sel kulit mati pada permukaan kulit yang kusam. 

Kemudian olehkan pelembab untuk menjaga hidrasi kulit, apalagi Anda tidur di ruangan ber-AC. Jika mempunyai masalah seperti jerawat, noda bekas jerawat, pigmentasi, garus halus, keriput, dan masalah lainnya, setelah menggunakan pelembab oleskan obat jerawat, krim pencerah kulit dan krim antiaging.

4.          Krim Pagi dan Malam 

Disarankan untuk menggunakan dua jenis krim berbeda pada siang dan malam. Pada siang hari Anda memerlukan krim yang berfungsi untuk melindungi kulit. Seperti pelembab yang mengandung tabir surya dan antioksidan. Sedangkan pada malam hari ketika kulit beregenerasi, pilih krim yang mengandung bahan-bahan untuk memperbaiki kulit, bersifat pengelupasan, dan mengandung bahan-bahan antiinflamasi. 

        Selain itu, ada bahan-bahan produk perawatan kulit yang hanya bisa dugunakan pada malam hari. Bahan-bahan tersebut adalah bahan yang dapat menyebabkan reaksi fotosensitif, yaitu reaksi tidak normal pada kulit yang timbul akibat radiasi ultraviolet. Jika digunakan pada siang hari akan mengakibatkan kulit iritasi, gatal, dan kemerahan. 

        Namun, untuk perawatan kulit yang mengandung serum vitamin C atau apapun yang mengandung antioksidan dengan konsenrasi tinggi, bisa digunakan pada siang dan malam hari.

Terima Kasih Telah Berkunjung^_^ 

 

0 comments:

Post a Comment