Makanan Khas Korea dan Jepang ~ SUSHI & KIMBAB ~



 FOOD


SUSHI & KIMBAB

Santapan yang sudah banyak dikenal diberbagai negara diluar jepang ini terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (Neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah maupun yang sudah masak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam dan gula.


Sushi pada umumnya digolongkan berdasarkan bentuk nasi, antara lain nigirizushi, oshizushi, chirashizushi, inarizushi. Kata sushi merupakan kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi. Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawatan ikan yang disebut gyosho, membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake.

Sejenis dengan sushi, di korea menyebutnya dengan kata kimbab. Kimbab secara harfiah berarti nasi rumput laut, karena kedua bahan inilah yang menjadi komponen utama makanan ini. di dalamnya terdapat macam variasi, mulai dari ikan, daging, telur, dan sayuran seperti acar segar. Biasanya orang korea menjadikan makanan ini sebagai bekal dalam perjalanan karena cara membuatnya sangat gampang dan tidak membutuhkan waktu yang lama serta mudah dimakan.

Nasi yang telah matang dibumbui dengan minyak wijen, garam dan cuka makan. Nasi kemudian dipipihkan diatas rumput laut, dan semua bahan pelengkap diletakan diatasnya lalu digulung. Setelah kimbab digulung dan dipotong, biasanya mereka menyajikannya dengan danmuji.

Terima kasih telah berkujung ke blog sederhana ini ^_^
Kunjung juga mystorieslusia.blogspot.com ( berisi sinopsis drama asia, cerpen dan puisi )

0 comments:

Post a Comment