Cara Belalang Mendengar dan Ular Melihat


hai....
pada tahu tidak bagaimana belalang mendengar dan bagaimana  ular melihat dalam gelap?Jika ada yang kesusahan menjawab semua pertanyaan itu, lebih baik baca dulu informasinya itung-itung menambah wawasan lah. Selamat membaca...

PENDENGARAN BELALANG


    Sebenarnya belalang tidak mempunyai telinga dan matanya tidak dapat melihat kebelakang padahal belalang memiliki banyak pregator yang sewaktu-waktu akan menyergapnya dari belakang. Tetapi sering kali belalang terbang sebelum dimangsa. Apa yang memberi tahu belalang akan bahaya yang
mengancam dari belakang? Belalang dapat mendengar bunyi yang di timbulkan oleh pemangsa! Pada “ betis “ kaki terdepan belalang terdapat organ berbentuk selaput. Organ ini disebut timpanum atau gendang, karena kegunaannya seperti generang. Gerakan yang ditimbulkan pemangsa menimbulkan getaran suara. Suara itu diterima oleh timpanun.

Getaran ini “didengar oleh belalang sebagai suara genderang yang didengar oleh manusia.secepat kilat belalang menghintarkan diri dari pemangsa. Kegaduhan yang terjadi karena lompatan belalang ini didengar pula oleh belalang lain dengan cara yang sama. Belalang lain pun turut menghindari tempat yang berbahaya.

ULAR MELIHAT DENGAN SUHU


    Pasti kita bertanya-tanya kenapa ular bisa menggigit mangsanya di malam hari yang tentunya sudah gelap? Itu pasti ular tanah karena ular tanah tidak melihat benda. Tetapi ia merasakan pancaran panas yang datang dari makhluk lain.
Makhluk yang masih hidup selalu memancarkan panas. Mata ular tidak sempurna.bawah namun di bawah matanya terdapat ceruk yang dilengkapi selaput. Pada selaput ini terdapat ribuan saraf yang sangat peka terhadap perubahan suhu di sekelilingnya.
Panas yang diterima oleh selaput panas ini dapat menentukan jarak dan arah sumber panas. Bila sumber panas bergerak,ular tanah dapat mengikuti gerakan sumber panas. Jadi yang di lihat ular saat gelap itu bukan makhluknya tetapi pancaran panas dari tubuh mahluk tersebut. Karena gerakan dari makhluk hidup yang diikuti gerakan panas,ular menganggap makhluk tersebut sebagai musuh atau mangsa yang harus di terkam.

0 comments:

Post a Comment