Biografi/biodata/profil Paus Fransiskus/Jorge Mario Bergoglio




Biografi Paus Fransiskus atau Jorge Mario Bergoglio. Bagi yang beragama Katolik pasti tahu  siapa Paus Fransiskus itu. ya.. dia adalah pemimpin tertinggi umat katolik yang berada di Vatikan. Pada kesempatan ini saya akan memposting biodata/profil Paus Fransiskus atau Jorge Mario Bergoglio. Langsung baca aja dibawah ini:


Profil Singkat

Nama                   : Jorge Mario Bergoglio

Tanggal lahir       : 17 Desember 1936 (Sekarang berumur 79)

Tempat lahir        : Buenos Aires, Argentina

Warganegara       : Argentina (dan Vatikan)

Dominasi            : Katolik Roma

Kediaman           : Vatikan

Penahbisan         : 13 Desember 1969, oleh Ramón José Castellano

Konsekrasi         : 27 Juni 1992,oleh
Antonio Quarracino

Kardinal             : 21 Februari 2001



Biografi singkat

Paus dengan nama Fransiskus yang memilih nama dari tokoh Santo Fransiskus Asisi ini merupakan paus ke 266 menggantikan Paus Benediktus XVI. Paus yang saat ini telah berumur 79 tahun ini merupakan seorang penganut Jesuit yang memiliki visi internasional, melayani di manapun mereka dibutuhkan dan orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang terpilih menjadi Paus.. Sebagai seorang paus, ia adalah pemimpin Gereja Katolik dan sekaligus kepala negara dari Negara Kota Vatikan. Sebelumnya ia adalah seorang Uskup Agung Buenos Aires, Argentina; dan diangkat sebagai Kardinal pada tahun 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II. Paus Fransiskus ini memiliki kemampuan dapat berbicara dalam bahasa Spanyol, Italia, dan Jerman secara fasih.
 
Dikenal sangat sederhana, Paus Fransiskus merupakan orang dengan jangkauan sosila yang tinggi,  ia sering berkunjung ketempat kumuh, mengunjungi orang-orang sakit dan merupakan  orang yang menentang aborsi, pernikahan sesama jenis, dan mendukung selibat. Hidupnya jauh dari kemewahan, ia memasak makanannya sendiri dan memilih bepergian dengan bus karena ia menolak sopir dan limosin. . Ia memilih tinggal di apartemen kecil ketimbang menempati kediaman resmi Keuskupan.
Paus yang satu ini merupakan anak pertama dari lima bersaudaria. Dalam dunia pendidikan Paus Fransiskus memiliki gelar master dalam bidang kimia, tapi kemudian mengajar sastra, psikologi di Colegio de la Inmaculada di Santa Fe, Buenos Aires., mengajar filsafat dengan gelar yang ia dapat dari Colegio Máximo San José di San Miguel dan teologi di Faculty of San Miguel, seminari di San Miguel sebelum menjadi Uskup Agung Buenos Aires pada 1998. Ia bergabung ke seminari di Villa Devoto dan juga bergabung dalam Serikat Yesus pada 1958. Pelayanan gereja Bergoglio dimulai pada 1973. Pada 1980, ia menjadi Rektor Seminari San Miguel hingga 1986. Gelar doktoralnya diraih di Jerman.

Selain menjadi Paus pertama dari benua Amerika, dari Dunia Baru, dan dari belahan Selatan bumi Paus Fransiskus juga merupakan Paus non-Eropa pertama selama 1.272 tahun terakhir. Paus non-Eropa sebelumnya adalah Santo Gregorius III, kelahiran Suriah yang menjabat sebagai Paus sejak tahun 731.



Terima Kasih untuk berkunjung ke sini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita ya. 
Tuhan Memberkati.............Amin

0 comments:

Post a Comment