cara menjadi pintar cara agar lebih disiplin dalam belajar


Cara agar lebih disiplin dalam belajar



Sebagai pelajar kita pasti sangat tidak suka yang namanya belajar padahal belajar itu adalah kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai seorang pelajar. Belajar itu sangat membosankan menurut ku,semua pasti setujukan! Tapi itu adalah hal yang wajib kita lakukan jika ingin nilai yang tinggi di setiap ulangan ataupun tugas jangan hanya tahunya nyontek teman. Nah untuk itu di perlukan disiplin diri dalam belajar. Sebagai pelajar,sebaiknya kita
bisa mengatur waktu kapan mengerjakan pe-er,mengulang pelajaran,dan mempersiapkan pelajaran keesokan hari nya. Tapi jangan hanya belajar terus ya..nanti keriting tuh rambut kita juga harus menyelinginya dengan berolahraga atau melakukan hal-hal yang kita sukai yang penting hobi nya positif deh.

Pasti kesulitankan membuat diri sendiri disiplin belajarkan jadi saya berikan cara agar bisa disiplin tapi ingat keberhasilan itu tergantung pada kemauan pada diri sobat semua ya..
Langsung aja saya berikan caranya di bawah ini.


1.Mempunyai target
Tanpa target,misalnya masuk peringkat,tentu kita tidak bersemangat saat belajar jadi pasanglah target prestasi atau nilai dan milikilah niat yang besar untuk meraihnya.
2.Tinggalkan hal-hal yang dapat mengganggu  konsentrasi.
Sangat di saran kan mematikan ponsel,televisi,komputer, dan berhentilah bermain games saat waktu belajar tiba. Suara televisi,game,pesan dan bunyi telepon hanya akan membuyarkan konsentrasi belajar kita.
3.Buatlah daftar tugas
Buatlah daftar sekolah dan pe-er yang harus dikerjakan agar kita tahu mana yang bisa di kerjakan nanti dan yang harus di kerjakan secepatnya. Dengan daftar ini, kita bisa mengatur waktu dengan baik untuk menyelesaikannya satu per satu.
4.Jangan mencari alasan
Dalam hal berajar jangan mencoba mencari alasan untuk menunda mengerjakan tugas sekolah atau pe-er. Jika kita tunda,akan semakin banyak tugas atau pe-er yang menumpuk hal itu membuat kita semakin malas mengerjakannya sehingga bisa terbengkalai tugas atau pe-er yang ada.
5.Mencari suasana belajar yang menyenangkan
Jangan menganggap belajar itu sebagai beban atau tekanan. Kita membuat suasana belajar yang menyenangkan,misalnya dengan berpindah ruangan, atau ikut dalam kelompok belajar. Hal itu dapat membantu kita mudah mengerti apa yang kita pelajari dan tidak akan bosan dalam belajar.
6.Belajar dengan santai
Saat belajar sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri jika waktu belajar satu hingga dua jam cukup lama dan melelahkan,kita bisa mengambil waktu istirahat sejenak. Cobalah untuk mengambil minum dan makanan ringan, atau mengobrol sebentar dengan orang di rumah. Setelah cukup kita bisa kembali belajar.
7.Belajar pelajaran favorit
Agar disiplin belajar kita tidak menurun sebaiknya belajar pelajaran yang menjadi favorit kita dulu,setelah itu mulai lah dengan pelajaran-pelajaran yang sulit

Nah itulah tips agar kita bisa lebih disiplin dalam belajar. Ingat menjadi pintar itu mahal jadi selamat mencoba dan semoga sukses.
Terima kasih telah berkunjung^_^
Salam manis buat sobat semua...


0 comments:

Post a Comment