CaraTepat dan Mudah Memilih Sekolah Yang Tepat Bagi Anak

Memilih sekolah yang TEPAT



Menjelang tahun ajaran baru biasanya teman-teman dan orangtua masing-masing akan sibuk mencarikan sekolah tertentu. Ada banyak yang harus yang di siapkan. Teman-teman pastinya akan kebingungan untuk menetapkan pilihan. Oleh karena itu ada baiknya para orang tua dan teman-teman sendiri perlu memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan ke mana anak-anak akan di sekolahkan.


1.Pilihlah Sekolah Yang Bisa Membuat Kamu Berkembang

Teman-teman tentu berpikir bahwa sekolah hebat dan favorit menjadi pilihan pertama, dengan menyajikan pelajaran yang terlampau sulit. Tapi ingat bahwa memilih sekolah harus sesuai dengan kemampuan dan memberikan kenyamanan bagi kita  untuk berkembang. Dengan sobat memaksakan diri untuk  belajar di sekolah ngetop dan pelajaran yang sulit akan membuat sobat harus menanggung beban yang berat, karena pastinya sobat akan belajar dengan terpaksa dan tidak pernah menikmatinya dan tidak bersemangat belajar. Sadarilah kemampuan sobat dahulu dan pilihlah sekolah yang bisa membungkinkan sobat bisa mengembangkan kemampuan yang di miliki secara bebas.


2.Pilihlah Sekolah Dengan Kurikulum Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Ada 3 jenis sekolah saat ini yang ada di negara kita tercinta ini yaitu Sekolah Nasional ( SN ), Sekolah Nasional Plus ( SNP ), dan Sekolah Internasional ( SI ). Perbedaannya terletak pada kurikulum yang di gunakan: SN menggunakan kurikulum yang berlaku pada umumnya di indonesia, SNP pun tetap menggunakan kurikulum nasional tetapi ada penekanan pada pelajaran tertentu, SI menggunakan kurikulum internasional melalui kerjasama dengan pihak luar negeri. Untuk bisa mengetahui kurikulum yang digunakan di suatu sekolah, sobat bisa lihat dari mata pelajarannya. Pertimbangan sobat  ketika masuk sekolah tertentu adalah jika sobat memang merencanakan sekolah ke luar negeri, maka SI lebih tepat.


3.Perhatikan Juga Keadaan Guru-Gurunya

Sekolah yang baik memiliki prosentase jumlah guru tetap lebih banyak di bandingkan guru honornya. Angka keluar- masuk juga rendah. Artinya banyak guru yang bertahan lebih lama untuk bekerja di sekolah itu. Ada kompososi yang seimbang antara guru senior (tua) dan junior (muda). Ini penting karena pembelajaran dalam kelas siswa akan melihat guru senior sebagai figur orang tua sedangkan guru junior seringkali akan di komposisikan sebagai kakak. Sehingga dalam upaya mewujudkan lingkungan yang sehat komposisi guru senior dan junior ini menjadi penting. Jika mungkin pilihlah juga sekolah yang sebagian besar gurunya telah memiliki akta atau sertifikat mengajar atau memang berasal dari sekolah calon guru. Biasanya mereka lebih bisa diterima oleh siswa ketika mengajar.


4.Memperhatikan Waktu Belajar Di Sekolahnya

Ada sekolah yang jam belajarnya dari pagi sampai siang (reguler) tapi ada juga yang seharian penuh (full day school). Ada juga sekolahnya hari senin-jumat,saptu libur atau diisi eskul. Alangkah lebih baiknya sebenarnya sobat memilih sekolah yang tidak seharian penuh (reguler), karena sobat pastinya perlu bersosialisasi dengan komunitas lain bukan hanya sekolah.


5.Pilihlah Sekolah Sesuai Dengan Kemampuan Keuangan Orangtua

Jangan sobat memilih sekolah mahal karena berpikiran sekolah seperti itu lah yang berkualitas, walau kemampuan keuangan orangtua tidak mendukung. Bayangkan jika orang tua sobat harus terus-menerus menunggak uang sekolah, ini akan menjadi beban untuk orangtua dan juga sobat pastinya akan malu untuk sekolah. Ingatlah bahwa tidak semua sekolah mahal adalah sekolah yang berkualitas! Mahalnya uang sekolah di suatu sekolah biasanya bukan karena kualitas tapi fasilitas yang sobat pakai itu, misalnya disediakan snack, makan siang, ruangan kelas be-ac, dan yang lainnya.


6.Pertimbangkan Jarak Dari Rumah Ke Sekolah

Aspek ini harus juga mendapat perhatian! Apakah jaraknya cukup jauh atau dekat? Apakah sobat ke sekolah menggunakan kendaraan sendiri atau kendaraan umum. Apakah jalan yang di lalui merupakan jalan macet atau tidak? Hal-hal ini penting karena jika sobat sering terlambat ke sekolah, ini akan membuat sobat terkena teguran dari pihak sekolah. Jarak yang terlalu jauh dari rumah ke sekolah juga bisa menguras energi sobat tentunya. Sampai di sekolah sobat pasti sudah kecapaian akibatnya tidak bisa konsentrasi dengan baik lagi saat jam pelajaran di mulai.


Itulah beberapa hal yang bisa sobat semua pertimbangkan sebelum sobat dan kedua orangtua sobat memutuskan ke sekolah mana. Semoga bermanfaat dan saya tunggu saran dan kritik yang membangun dari semuanya. Salam manis for all*)


Terima kasih telah berkunjung^_^



0 comments:

Post a Comment