Pentingnya Kesehatan: Manfaat Olahraga/Aktifitas Fisik Bagi Tubuh

Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan


 
Tentu saja kita tahu bahwa olahraga itu sangat penting bagi kesehatan kita. Untuk hidup sehat kita harus menjadikan olahraga sebagai gaya hidup sehat yang harus di biasakan sejak kecil agar di masa mendatang tubuh kita menjadi sehat dan tidak gampang terkena penyakit. Karena sekarang ini banyak anak muda yang terserang penyakit yang seharusnya di dapat pada saat tua. Penyebabnya tidal lain adalah daya tahan yang menurun karena tidak pernah membiasakan diri berolahraga. Berolahraga bermanfaat agar dapat menghambat penurunan daya tahan tersebut.

Manfaat aktivitas fisik atau olahraga bagi kesehatan jauh lebih besar ketimbang risiko terjadinya cedera. Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kematian dini akibat penyebab-penyebab utama kematian, seperti penyakit jantung dan sebagian kanker. Oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan denga berolahraga secara rutin,bai dan benar.

Banyak penelitian membuktikan bahwa berolahraga yang teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit dan meningkatkan kondisi kesehatan serta kualitas hidup secara keseluruhan. Manfaat kesehatan jangka panjang, termasuk:
  1. Mengurangi risiko kematian dini.
  2. Mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.
  3. Mengurangi risiko timbulnya diabetes.
  4. Mengurangi risiko timbulnya tekanan darah tinggi.
  5. Membantu mengurangi tekanan darah pada orang pengidap tekanan darah tinggi.
  6. Mengurangi risiko terkena penyakit kanker usus besar.
  7. Mengurangi rasa depresi dan kecemasan.
  8. Membantu mengendalikan berat badan.
  9. Membantu membangun dan memelihara tulang, otot, dan sendi yang sehat.
  10. Membantu dewasa tua menjadi lebih kuat dan lebih mampu bergerak leluasa tanpa terjatuh.
  11. Mendukung kesehatan psikologis.

Orang yang aktif secara fisik selama sekitar 7 jam seminggu berisiko mati dini lebih rendah 40 persen daripada mereka yang hanya aktif selama kurang dari 30 menit seminggu. Dengan melakukan kegiatan aerobik berintensitas sedang sekurang-kurangnya 150 menit seminggu dapat menurunkan risiko kematian dini, termasuk kematian dini akibat penyakit jantung koroner – yang merupakan penyebab kematian nomor satu di banyak negara di seluruh dunia.

Akan tetapi, banyaknya jumlah aktivitas atau kegiatan berintensitas tinggi tidak selalu dapat menurunkan risiko kematian dini. Orang yang biasanya tidak aktif  dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran walau hanya dengan melakukan aktivitas intensitas sedang secara teratur. Meskipun manfaat kesehatan bisa didapatkan lebih besar dengan meningkatkan jumlah (durasi, frekuensi, atau intensitas) aktivitas  fisik, namun, setiap orang dapat meraih manfaat kesehatan hanya dengan menjadi lebih aktif secara fisik.


0 comments:

Post a Comment