Tips agar bahan makanan tetap segar dan tahan lama saat berada di kulkas


Tips agar bahan makanan tetap segar


Pasti kita seringkan mendapati bahan makanan yang di beli saat belanja bulanan sudah tidak segar karena terlalu lama berada di kulkas dan tidak sempat diolah. Ternyata ada beberapa hal mudah yang dapat di lakukan agar bahan makanan yang telah dibeli bisa bertaman lama dan tetap segar. Ini dia tipsnya,


  • Untuk penyimpanan telur dalam kulkas, simpan dengan ujung yang kecil berada di bawah. Menyimpan dengan cara tersebut akan memastikan bahwa kantung udara yang berada di atas tidak tertekan oleh berat telur sehingga tidak pecah dan pecahnya kantung udara dapat mempercepat proses pembusukan telur. 


  • Jangan simpan apel bersama buah-buahan matang yang  lain karena apal mengeluarkan gas tertentu yang dapat menyebabkan buah-buahan dan sayuran lain cepat membusuk. Sebaliknya, simpan buah apel berdekatan dengan yang lain yang belum matang agar mempercepat proses pematangan buah.


  • Simpan tomat dan mentimun di tempat yang berbeda karena tomat mengeluarkan gas tertentu yang dapat menyebabkan mentimun cepat membusuk. Ada baiknya tempat penyimpanan tersebut diberikan koran atau kertas sebagai alas agar timun dan tomat selalu kering sehingga lebih awaet dan segar.

  • Ada baiknya kulkas rajin di bersihkan. Dengan begitu bahan makanan yang ada dalam kulkas tetap terjaga kebersihannya dan tidak tercemar bila ada bahan makanan yang sudah membusuk karena terlalu lama berada di kulkas. Bila menemukan bahan makanan yang sudah busuk, bahan makanan tersebut harus segera di buang agar tidak mengkomidasi bahan makanan lainnya yang masih segar. Pastikan tidak ada air atau cairan lain yang menggenang karena dapat membuat bahan makanan seperti sayur dan buah lebih cepat membusuk.



Nah itulah tips agar sayuran dan buah-buahan yang ada di kulkas tepa segar dan dapat bertahan lama. Semoga tips di atas bermanfaat ya bagi semua orang dan saya tunggu saran dan kritik yang membangun dari pembaca. Salam manis dari diarylusia untuk semuanya*)
Terima kasih telah berkunjung^_^

0 comments:

Post a Comment