Kemandulan pada Pria-apa penyebabnya?

Penyebab kemandulan pada pria



Memiliki anak sepertinya merupakan hak yang diberikan oleh Tuhan. Ketika banyak pasangan sangat mudah memiliki anak –bahkan yang tidak menginginkannya, pasangan-pasangan lain harus berjuang dengan kemandulan. Tidak ada jenis kelamin yang lebih banyak menjadi penyebab kasus kemandulan. Sepertiga dari kasus kemandulan diakibatkan pihak wanitanya yang mandul, sepertiga lagi karena pihak pria, dan sepertiga lagi dikarnakan kedua belah pihak. Sebenarnya apa penyebab kemandulan? Ini dia di artikel ini akan di bahas secara lengkap mengenai kemandulan pria.


  •     Tersumbatnya saluran sperma
Penyebab kemandulan pada pria sering sulit untuk di telusuri. Salah satu penyebab paling jelas adalah tersumbatnya saluran sperma. Pada umumnya hal ini terjadi karena penyakit menular seksual. Penyumbatan yang mudah diidentifikasi adalah yang di sebabkkan oleh vasektomi. Tetapi beberapa pria terutama mereka yang sudah lebih dari sepuluh tahun divasektomi akan tetap tidak bisa memenuhi karena sistem tubuh mereka sudah membentuk semacam reaksi kekebalan yang membunuh sperma mereka.

  •     Varicocele
Penyebab umum kemandulan pada pria lainnya adalah varicocele, sekumpulan vena membesar di sekitar testikel yang menghalangi sperma berfungsi,dengan meningkatkan temperatur tubuh skrotum. Padahal agar testikel dapat memproduksi sperma yang sehat, temperatur di skrotum harus lebih rendah dari pada temperatur di seluruh tubuh.

  •     Testikel yang tidak normal
Idealnya, testikel harus terhubung ke skrotum, dan proses ini terjadi beberapa saat setelah pria dilahirkan. Tapi pada beberapa kasus, testikel tidak terhubung ke skrotum selama bertahun-tahun. Pada beberapa keadaan, mungkin di butuhkan beberapa operasi untuk memperbaiki hal ini ketika si anak masih kecil, untuk mencegah kerusakan pada testis yang menyebabkan kemandulan. Pada kasus-kasus langka, pertumbuhan yang tidak normal pada testis atau saluran sperma juga bisa di sebabkan kecelakaan, penyakit, ketidaknormalan karena keturunan.
Obat-obatan atau bahan kimia tertentu pada lingkungan kita juga bisa menghambat fungsi dan proses produksi sperma. Obat-obatan yang di konsumsi pria juga bisa menyebabkan sistem reproduksi pria tidak normal.

  •      Stimulasi hormon
      Selain itu, pria juga mengalami kekurangan hormon yang penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma.



0 comments:

Post a Comment